Teknik dan instrumen yang digunakan untuk penilaian
kompetensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut.
| ||
a.
|
Penilaian kompetensi sikap
Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui
observasi,
penilaian diri, penilaian “teman sejawat”(peer evaluation) oleh
peserta didik dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk
observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta
didik adalah
daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik,
sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
| |
1
|
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan
secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator
perilaku yang diamati.
| |
2
|
Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara
meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan
kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen
yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
| |
3
|
Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian
dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait
dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
| |
4
|
Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar
kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan
dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
| |
b
|
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. | |
1
|
Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian,
jawaban
singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen
uraian dilengkapi pedoman penskoran.
| |
2
|
Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.
| |
3
|
Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau
projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok
sesuai
dengan karakteristik tugas.
| |
c
|
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik pendemonstrasikan uatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik,projek, dan penilaian portofolio. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik. | |
1
|
Tes praktik adalah penilaian yang menuntut respon berupa
keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku
sesuai
dengan tuntutan kompetensi.
| |
2
|
Projek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi
kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara
tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.
| |
3
|
Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan
dengan
cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam
bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk
mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau
kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
Karya
tersebut dapat berbentuk tindakan nyata yang
mencerminkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya.
|
Berikut format penilaian yang dapat didownload :
- Format penilaian KI 1 sikap spiritual
- Format penilaian KI 2 sikap jujur
- Format penilaian KI 2 sikap disiplin
- Format penilaian KI 2 sikap tanggung jawab
- Format penilaian KI 2 sikap toleransi
- Format penilaian KI 2 sikap gotong royong
- Format penilaian KI 2 sikap santun
- Format penilaian KI 2 sikap percaya diri
- Format penilaian KI 3 pengetahuan
- Format penilaian KI 4 keterampilan
sorry... klo slama ini link download format diatas blum terbuka ... sekarang siapapun bisa mengedit file tersebut .... tpi ada baiknya didownload dulu, baru diedit... shg file aslinya tidak berubah ... thax... moga2 bermanfaat ..
BalasHapus